Setelah Anda didiagnosis terkena kanker serviks, tentunya selain melakukan pengobatan dan perawatan kanker, dokter juga akan menyarankan Anda untuk menjalani pola hidup sehat. Seperti apa saja perubahan gaya hidup setelah terkena kanker serviks?

Perubahan Gaya Hidup yang Harus Dilakukan Setelah Didiagnosis Kanker Serviks

1. Pilihlah makanan yang sehat

Pengobatan kanker mungkin saja akan mempengaruhi selera makan dan menghilangkan nafsu makan Anda. Rasa mual biasanya menjadi keluhan para pasien kanker. Jika pengobatan kanker menyebabkan berat badan Anda turun drastic, konsultasikan pada tenaga medis atau ahli gizi tentang cara menjaga berat badan agar tetap stabil. Jangan biarkan masalah ini berlarut – larut, karena pengobatan kanker akan membutuhkan waktu yang lama.

Jika Anda merasa mual, makanlah dengan porsi lebih kecil dengan frekuensi yang lebih sering setiap dua atau tiga jam sekali. Anda juga bisa mencoba snacking untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalori yang penting untuk mempercepat penyembuhan dan menjaga berat badan Anda.

Mulailah dengan mengonsumsi antioksidan (vitamin A, C, dan E), karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin dan mineral, serta air putih secara teratur. Sayur dan buah juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.

Konsumsi makanan yang sesuai dengan kondisi Anda, bisa membantu berat badan Anda tetap stabil setelah pengobatan.


Perubahan Gaya Hidup yang Harus Dilakukan Setelah Didiagnosis Kanker Serviks

2. Seimbangkan waktu istirahat dan olahraga

Saat menjalani pengobatan kanker, Anda mungkin mudah merasa lelah. Oleh karena itu, Anda perlu menyeimbangkan aktivitas dan istirahat. Jika rasa lelah yang Anda rasakan berkepanjangan, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Rasa lelah ini menyebabkan pasien kanker tidak memiliki cukup energi untuk bergerak apalagi berolahraga. Olahraga yang sesuai dapat membantu Anda mengurangu rasa lelah dan depresi.

Jika Anda ingin berolahraga, Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis dan intensitas aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisi Anda. Apa saja manfaat olahraga untuk pasien kanker?

• Meningkatkan kebugaran kardiovaskular (jantung dan sirkulasi) Anda.

• Membuat otot Anda lebih kuat.

• Mengurangi kelelahan.

• Menurunkan kecemasan dan depresi.

• Membuat Anda merasa lebih bahagia.

• Membantu Anda merasa lebih baik secara psikologi.

Berjalan kaki santai selama 30 menit secara rutin dapat memberikan perubahan yang signifikan. Perubahan gaya hidup ini juga akan membantu memperbaiki kualitas hidup Anda.


Perubahan Gaya Hidup yang Harus Dilakukan Setelah Didiagnosis Kanker Serviks

3. Pertimbangkan alat kontrasepsi dan aktivitas intim selain seks

Kemoterapi dapat membuat vagina Anda kering dan libido yang menurun. Terapi radiasi juga bisa merusak ovarium Anda dan mengubah lapisan vagina. Untuk itu, Anda perlu mendiskusikan ini dengan tim medis dan terutama pasangan Anda. Anda dan pasangan perlu memikirkan aktivitas intim lainnya agar Anda bisa tetap dekat walau dalam masa – masa sulit ini.

Selain itu, jika Anda tidak pernah menjalani histerektomi dan sedang menjalani radiasi atau kemoterapi, sebaiknya Anda mempertimbangkan menggunakan alat kontrasepsi. karena hal ini adalah suatu hal yang bijak untuk menghindari kehamilan selama masa pengobatan karena pengobatan untuk pasien kanker serviks berbahaya bagi bayi dalam kandungan. Meskipun radiasi dan kemoterapi dapat menurunkan kesuburan, namun bukan berarti Anda tidak akan hamil sama sekali.


Sumber : https://hellosehat.com

Artikel Pilihan Lainnya


Jenis Kanker yang Paling Menyakitkan dan Cara Pengobatannya

Artikel / Jenis Kanker / Pengobatan Kanker

Mengetahui Penyakit Kanker Mata dan Pengobatannya

Artikel / Penyakit Kanker Mata / Pengobatan Kanker

Tips Mencegah Kanker Kulit

Tips / Mencegah Kanker Kulit